4P : Kunci Kesuksesan Bisnis Online

In Uncategorized 146 views

sentra label pusat pesan label merk baju murah berkualitas fashion bagus terpercaya

Dalam kegiatan marketing atau pemasaran, konsep 4P adalah hal yang sangat penting untuk ditelaah. Lalu, apa itu 4P? 4P adalah Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Konsep ini dapat diterapkan oleh seorang wirausaha dalam memulai suatu bisnis. Mari kita bahas satu per satu.

  1. Product (Produk)

Menentukan produk yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mengenai produk bisa didapatkan dari beberapa sumber. Cara termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin dijual, dan melakukan riset kecil-kecilan ke target pasar mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Hasil dari riset tersebut diharapkan memberikan informasi yang lebih akurat bagi wirausaha mengenai prospek pasar yang akan dimasukinya dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.

Akan tetapi, Anda harus memiliki keunikan yang disuguhkan kepada pasar untuk menjadi pembeda dengan produk lain. Hal ini sangat penting karena anda harus memiliki selling-point untuk dapat unggul dari kompetitor. Misalnya, dalam bisnis fashion Anda memiliki keunikan dari sisi model yang selalu up to date, atau bahan yang Anda tawarkan sangat nyaman dipakai karena halus dan dapat menyerap keringat.

  1. Price (Harga)

Menentukan harga produk tidak semudah yang dibayangkan. Pertanyaan utamanya adalah, harga produk yang bagaimana yang dapat diterima oleh pasar? Cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk tersebut dari awal disiapkan hingga siap jual. Setiap produk memiliki berbagai komponen biayanya sendiri, dari awal produksi hingga pengemasan dan pengiriman. Anda harus mengetahui rata-rata harga produk di pasaran.

Selain itu, Anda harus mengetahui teknik dalam memberikan harga yang menarik. Misalnya seluruh modal Anda dalam membuat 1 pakaian adalah Rp 80.000 dan Anda hendak menjualnya Rp 100.000. Tapi, lebih baik Anda memberikan harga Rp 99.000 dari pada Rp 100.000. Secara psikologis, hal ini sangat membantu untuk menarik minat pembeli.

  1. Place (Tempat)

Tidak kalah penting adalah mengenai dimana produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Ungkapan “Lokasi, Lokasi, Lokasi” sebaiknya sangat diperhatikan oleh wirausaha, karena bisa jadi pemilihan lokasi tempat usaha yang buruk dapat berakibat langsung kepada kegagalan dari usaha yang dijalankan.

Kini, sejak adanya media internet, membuka usaha pun menjadi lebih mudah karena setiap orang dapat mengakses apa yang anda jual dimana saja dan kapan saja selama 24 jam. Tinggal Anda yang memilih wadahnya, sesuai dengan target pasar. Jika Anda membuka usaha fashion yang targetnya adalah anak muda, Instagram adalah wadah yang sangat mudah dan menguntungkan. Selain itu anda juga dapat menggunakan FB, website atau bergabung di lapak-lapak online yang semakin marak di Indonesia.

  1. Promotion (Promosi)

Aspek penting lainnya adalah mengenai promosi produk. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, pengusaha mengharapkan adanya kenaikan angka penjualan. Promosi dalam melakukan bisnis online dapat dilakukan dengan beberapa tips sebagai berikut:

  1. Buatlah Diskon

Ini adalah cara promosi yang paling sering digunakan karena terbukti ampuh dalam mendatangkan pembeli. Tetapi Anda harus berhati-hati dalam memasang angka diskon karena jika terlalu jauh dengan harga aslinya, kemungkinan besar pembeli enggan membeli kembali pada saat harga sudah kembali normal.

  1. Bonus

Cara promosi ini juga sering dilakukan oleh perusahaan besar maupun kecil. Misalnya beli 3 baju bonus 1 baju dan lain sebagainya. Bonus yang Anda tawarkan juga haruslah menarik agar masyarakat terpicu untuk membeli.

  1. Tawarkan Free Shipping

Dalam pembelian melalui media online, hal ini bisa menjadi nilai tambah bagi usaha yang Anda buat karena masyarakat tidak perlu lagi memikirkan berapa ongkos kirim atau biaya yang harus dikeluarkan diluar harga produk yang mereka beli.

  1. Buatlah Tampilan Gambar dan Caption Yang Menarik

Untuk menarik minat dari pembeli, bukan hanya foto yang menarik yang harus kita tampilkan, juga caption yang mendukung foto tersebut. Tulislah apa yang menjadi permasalahan mereka dan apa yang dapat produk Anda tawarkan untuk menyelesaikan masalah itu. Tulislah harga dengan jelas agar tidak membingungkan pelanggan.

  1. Jangan Lupakan Hashtag

Kini instagram adalah media sosial yang sangat diminati untuk berjualan. Oleh karena itu, hashtag sangatlah penting untuk membantu para pengguna instagram lainnya menemukan akun/postingan produk Anda.

  1. Pilihlah sistem endorse

Endors sendiri memiliki arti dukungan atau promosi mengenai sebuah produk yang dijual, meski saat ini produk yang diendors lebih banyak yang dijual secara online. Pelaku endorse jasa promosi di sini biasanya adalah artis yang sudah terkenal dan memiliki banyak followers. Sehingga aku jualan yang akan ditampilkan pada akun artis tersebut akan mendapat banyak perhatian dan bukan tak mungkin produk tersebut akan mendulang banyak keuntungan ketika banyak fans si artis kemudian membeli produk mereka.

sentra label pusat pesan label merk baju murah berkualitas fashion bagus terpercaya

Sebelumnya tujuan dari endorse sendiri adalah supaya para calon konsumen mengenal atau aware dengan keberadaan produk yang dijual seller. Selain itu, dengan menggunakan endorse dari artis yang tepat untuk jualan di instagramdan sebagai jasa iklan instagram bukan tak mungkin kepercayaan dari calon pembeli menjadi meningkat. Seperti misalnya akan timbul pemikiran: kalau artis itu saja menggunakan produk dari seller tertentu pastilah barangnya sangat bagus dan berkualitas.

Akan tetapi, harus diingat bahwa yang perlu diperhatikan kemudian adalah semakin terkenal artis, maka akan semakin mahal pihak seller harus mengeluarkan uang untuk membayar si artis untuk meng-endorse. Semakin banyak follower instagramsi artis, tentu akan semakin mahal pula si seller mengeluarkan biaya untuk membayar endorse.

Pada dasarnya, dengan adanya media sosial, bisnis tidaklah rumit lagi. Anda harus memiliki keyakinan bahwa setiap orang mampu membuat bisnisnya sendiri. Jika Anda ingin membuka bisnis online fashion, mulailah dari detil-detil kecil.

Produk fashion tanpa adanya label baju seperti seseorang tidak berindentitas. Produk fashion dan label baju saling melengkapi untuk menjadi tampak sempurna. Karena begitu biasanya label baju dibutuhkan dengan cepat, agar produksi fashion tetap berjalan. SentraLabel menyediakan jasa pembuatan label untuk brand pakaian, kaos, sepatu, dan tas untuk menunjang pembuatan bisnis Anda.

Label produksi SentraLabel tiga keunggulan, yaitu kualitas, harga dan pilihan. Jika Anda telah siap memantapkan karir sebagai pengusaha fashion, kami siap menjadi partner Anda untuk memproduksi label brand Anda. Untuk info lebih lanjut, dapat hubungi:

Website : www.sentralabel.com

WhatsApp : 0857 0212 2203

SMS/Telepon : 0821 3489 9329

BBM : 7CAFBAAE

Email : sentralabel@gmail.com


Top