Prospek Dan Peluang Bisnis Fashion/Baju Online

Berbisnis kini bagaikan primadona bagi banyak orang, karena kini siapa saja dapat berbisnis dengan hanya bermodal gadget dan rekening. Betapa tidak, bisnis online atau yang lebih dikenal dengan online shop kian menggiurkan karena setiap orang mampu membuka usaha tanpa modal yang besar, seperti sewa toko, membeli stock barang, dan lain sebagainya.

Sesungguhnya, awal perkembangan online-shop digunakan oleh perusahaan perdagangan yang memutuskan mencoba strategi baru pemasaran dengan menggunakan teknologi internet. Tujuannya adalah untuk dapat mencapai target yang lebih luas guna memasarkan produk mereka.

Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa saat ini jumlah online-shop yang dikelola oleh perseorangan jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang sudah cukup besar. Siswa SMA, mahasiswa, pekerja kantoran bahkan ibu rumah tangga pun bisa menjadi seorang usahawan berkat maraknya online shop dan peminatnya yang sangat banyak.

Wabah online ini sendiri sejalan dengan semakin banyaknya kemudahan operator seluler untuk memberikan akses internet di berbagai gadget pada umumnya dan handphone pada khususnya. Tidak dapat dipastikan kapan dan dimana ini bermula, kemudian banyak bermunculan online shop yang berjualan via BBM, Facebook dan Instagram. Tidak hanya sampai di situ, kini mulai muncul perusahaan online resmi dengan menggunakan website sebagai sarana untuk transaksi jual-beli barang. Inilah awal dari popularitas bisnis online di mata masyarakat Indonesia semakin terangkat ke permukaan, dan menyebar hingga ke berbagai kalangan usia, tidak mengenal gender dan usia.

Lalu muncullah pertanyaan, mengapa online-shop ini berkembang sangat pesat bahkan lebih cepat dari yang dapat kita bayangkan sebelumnya? Jawaban paling masuk akal adalah karena pelanggan yang dapat dijangkau oleh bisnis online shop ini sangat tidak terbatas, bukan hanya teman, tetangga atau masyarakat satu kota saja, tapi juga bisa menjangkau pelanggan dari luar kota bahkan dari negara-negara lain.

Demikian juga dengan para enterpreneur itu sendiri, mereka pun tidak perlu memproduksi sendiri barang yang mereka jual, mereka juga menggunakan media internet untuk memperoleh barang yang akan dijual, tidak dari lingkungan sekitar, tapi bisa dari tempat lain yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Selain itu, proses memilih dan membeli pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, sehingga waktu yang diperlukan dalam keseluruhan proses transaksi sangatlah praktis dan efisien.

Hal tersebut senada dengan pernyataan dari Nielsen, perusahaan yang bergerak dibidang informasi global serta media dan berfokus dalam melakukan suatu riset telah memberikan pernyataan bahwa konsumen di Indonesia mulai menyukali belanja online.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis bisnis yang menjadi favorit dalam bisnis online saat ini. Mulai dari makanan, barang-barang elektronik, jasa pembuatan hadiah unik, peralatan rumah tangga hingga ke fashion. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis fashion online merupakan bisnis yang sangat banyak diminati oleh para pebisnis karena masyarakat memiliki permintaan yang cukup tinggi terhadap fashion.

Seperti yang dilansir dalam tekno.kompas.com, produk fashion merupakan produk yang paling diminati masyarakat dalam belanja online. Hal ini tergambar dari hasil survei Litbang Kompas pertengahan September lalu. Sebanyak 33,5 persen responden pernah berbelanja online. Barang yang mereka beli adalah produk fashion atau pakaian, termasuk aksesori dan sepatu (60,8 persen).

Sebanyak 53,2 persen responden yang berbelanja secara online adalah mereka yang pengeluarannya lebih dari Rp 2 juta per bulan. Pekerjaan mereka adalah karyawan swasta (33,9 persen) dan wiraswasta (19,4 persen). Di samping itu, belanja online juga diminati pelajar dan mahasiswa (19,9 persen).

Fashion sampai kapan pun tetap menjadi kebutuhan banyak orang sehingga peluang usaha ini tetap menjadi pilihan yang tepat dalam berbisnis. Mengapa bisnis fashion menguntungkan? Fashion menjadi objek bisnis yang menggiurkan di dalam keseharian, terlebih lagi ketika menjelang hari lebaran, imlek atau hari-hari penting lainnya. Pada hari-hari besar tersebut, omset jutaan hingga puluhan juta rupiah bisa diraih.

Usaha fashion memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan usaha lainnya karena tanpa modal anda tetap bisa menjalankan usaha ini. Di samping itu, usaha fashion online juga bisa dilakukan dimana saja sekalipun anda tengah menjadi pekerja kantoran. Bukan hanya pemilik modal besar saja yang mampu membuka bisnis fashion online, namun bagi mereka yang bermodal kecil atau tanpa modal juga bisa memiliki usaha fashion ini.

Membuka bisnis online di bidang yang tepat dapat meningkatkan pemasukan Anda dengan cara yang lebih praktis tanpa menggaggu aktivitas dan rutinitas seperti bekerja kantoran. Pembagian waktu adalah kunci awal untuk sukses di bisnis online ini.

Setiap orang mampu membuat bisnisnya sendiri. Jadi, apakah Anda siap menjadi pengusaha fashion sukses selanjutnya? Mulailah dari langkah pertama. Produk fashion tanpa adanya label baju seperti seseorang tidak berindentitas. Produk fashion dan label baju saling melengkapi untuk menjadi tampak sempurna. Karena begitu biasanya label baju dibutuhkan dengan cepat, agar produksi fashion tetap berjalan. SentraLabel menyediakan jasa pembuatan label untuk brand pakaian, kaos, sepatu, dan tas untuk menunjang pembuatan bisnis Anda.

Label produksi SentraLabel tiga keunggulan, yaitu kualitas, harga dan pilihan. Jika Anda telah siap memantapkan karir sebagai pengusaha fashion, kami siap menjadi partner Anda untuk memproduksi label brand Anda. Untuk info lebih lanjut, dapat hubungi kami.


Top